4 Fitur yang Wajib Ada di Software POS Restoran

Seiring kemajuan teknologi dan perkembangan pasar, semakin banyak restoran yang mengandalkan perangkat lunak POS dalam keseharian bisnisnya. Perangkat lunak POS(Point of Sale) digunakan untuk memproses pesanan, menerima pembayaran, dan memeriksa stok persediaan bahan makanan. Intinya, software POS bisa menjadi asisten pribadi Anda hanya dalam jangkauan jari.

4 Fitur yang Wajib Ada di Software POS Restoran

Ada banyak pilihan software POS di luar sana. Tapi yang perlu diingat, software POS yang baik seharusnya memiliki lima fitur ini untuk memudahkan Anda berbisnis. Apa saja?

1. Pelacak inventaris

Urusan cek & ricek item mana yang tersisa di rak dan mana yang akan populer selalu menjadi salah satu tantangan terbesar di industri makanan. Ketidaktahuan Anda seputar ketersediaan inventoris dapat membuat operasional kacau semudah Anda membalikkan telapak tangan.

Nah, software POS akan selalu meng-update Anda seputar stok di dapur secara otomatis. Anda dapat melacak mana item yang sudah kehabisan dan apa yang tidak diminati pelanggan. Beberapa software POS bahkan dapat memberi tahu Anda saat Anda kehabisan item spesifik tertentu — yang sangat penting selama waktu servis palin sibuk. Hal terakhir yang Anda inginkan pada malam minggu yang sibuk adalah kehabisan makanan laris Anda.

2. Laporan penjualan

POS dapat membuat laporan penjualan dan membantu manajer melacak kinerja cabang individual di lokasi yang berbeda. Laporan tersebut menyoroti item mana yang laku cepat dan menunjukkan Anda bagaimana caranya memusatkan fokus pada menu atau item mana yang menjadi sumber pendapatan terbesar. Data ini sangat penting untuk perkiraan permintaan dan pendapatan.

Selain itu, tergantung pada sistem POS yang Anda pakai, pelaporan juga bisa mencakup total penjualan, penjualan untuk periode waktu tertentu, penjualan per item atau kategori, dan penjualan berdasarkan item atau server.

3. Manajemen pelanggan

Beberapa perangkat lunak POS memiliki kemampuan untuk menyimpan data pelanggan dasar seperti nama dan informasi kontak. Data ini dapat memberi manajer penjualan dan server kemampuan untuk mempersonalisasikan pengalaman pengunjung bersantap di resto Anda.

Dengan mengumpulkan informasi pelanggan, Anda dapat mengetahui mana pelanggan setia dan mengantisipasi pesanan mereka. Lagi pula, tak ada yang lebih menyenangkan bagi para customer untuk pergi ke suatu tempat di mana semua orang tahu nama Anda — dan makanan favorit Anda. Dengan demikian, POS dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan.

4. Pemisahan tagihan dengan berbagai cara

Bukan hal yang aneh bagi beberapa pengunjung untuk menginginkan bill tagihannya dipisah. Nah, beberapa software POS, termasuk NADIPOS, menyediakan fitur spesial di mana server dapat memisahkan bill sesuai keinginan pelanggan. Tagihan dapat dipisah menjadi beberapa tagihan sesuai dengan jumlah pelanggan, jumlah pembayaran, jenis pembayaran (tunai, kredit, debet, dll), atau berdasarkan item.

Terlebih lagi, fitur table layout interaktif dari NADIPOS dapat mempercepat pemeriksaan tagihan dan layanan dengan memvisualisasikan tata letak meja restoran Anda.

Solusi perangkat lunak POS menawarkan banyak fitur yang berbeda, namun demikan empat poin di ataslah yang dapat sangat berguna untuk membantu Anda mengelola bisnis seefektif mungkin.

Persiapan Pinjaman Modal Usaha

Saat anda mempunyai keinginan kuat untuk membuka sebuah usaha kuliner, seringkali ada beberapa hal yang menjadi kendala. Salah satunya bisa berupa keterbatasan modal usaha. Padahal kunci sukses sebuah bisnis adalah modal yang memadai untuk mendanai operasional usaha tersebut. Mungkin saja anda sudah bersusah payah menabung untuk modal, namun tidak juga mencukupi.

Persiapan Pinjaman Modal Usaha

Meskipun begitu, jangan memutuskan untuk menyerah dulu karena masih ada beragam solusi yang dapat anda tempuh. Solusi yang sering dicari adalah meminjam modal usaha dari pihak lain, atau yang lebih sering disebut sebagai pihak kreditur. Untuk meminjam dana modal usaha, anda harus melakukan beberapa persiapan seperti di bawah ini.

Memastikan Riwayat Kredit Bagus

Hal yang paling utama sebelum anda mengajukan pinjaman adalah dengan memastikan bahwa riwayat kredit anda bagus. Setiap kredit yang anda ajukan akan tercatat ke dalam riwayat kredit di Bank Indonesia. Jika anda mempunyai tunggakan, segera bereskan tunggakan anda terlebih dahulu agar riwayat kredit anda tidak terlihat bermasalah. Pastikan anda tidak masuk ke dalam daftar hitam karena pernah menunggak pinjaman. Jika anda masuk ke dalam blacklist, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan dana pinjaman modal usaha.

Menilai Capacity Anda Sebagai Debitur

Ketika anda hendak mengajukan pinjaman modal usaha dalam jumlah yang tidak sedikit, anda harus menilai capacity anda sendiri. Capacity maksudnya adalah kemampuan anda dalam membayar cicilan kredit tepat waktu. Nilai kredit yang ideal adalah 30% dari jumlah penghasilan anda, dan tidak disarankan lebih dari itu. Pastikan roda keuangan anda tetap berjalan normal serta kebutuhan sehari-hari anda tercukupi dengan baik.

Mencari Kreditur Yang Tepat

Setelah anda yakin bahwa riwayat kredit anda bersih dan capacity anda mumpuni, maka anda dapat melangkah ke tahap selanjutnya, yakni mencari kreditur yang tepat. Jika anda ingin mengajukan pinjaman di bank, selalu cermati program yang diajukan oleh kreditur. Perhatikan syarat dan ketentuan yang mereka tawarkan, jangan sampai ada syarat yang memberatkan anda secara finansial. Bandingkan juga besar bunga pinjaman yang harus anda bayar, dan pastikan bahwa nilai bunga tersebut tidak terlalu mencekik sehingga anda masih mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pilih kreditur yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Menjelaskan Tujuan Pinjaman Modal Kepada Kreditur

Tidak ada salahnya untuk meyakinkan pihak kreditur mengenai tujuan anda melakukan pinjaman modal. Jelaskan tujuan anda secara terperinci serta yakinkan bahwa usaha anda memang memiliki prospek yang bagus ke depannya. Jangan terlihat gugup atau ragu. Jika anda percaya diri dan yakin, hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan kreditur serta mempermudah pencairan pinjaman modal usaha.

Melengkapi Dokumen Persyaratan Kredit

Tahap berikutnya yang tak kalah penting adalah anda harus melengkapi dokumen persyaratan kredit yang diajukan oleh kreditur. Persyaratan tersebut biasanya berupa fotokopi data diri, laporan keuangan, kartu keluarga, NPWP, slip gaji, serta dokumen pribadi lainnya. Pastikan bahwa anda memenuhi seluruh persyaratan yang diajukan oleh kreditur sehingga proses pencairan pinjaman dana modal usaha dapat berjalan dengan lancar.

Bijak Dalam Menentukan Agunan

Beberapa kreditur memberikan persyaratan agunan yang harus dijaminkan oleh pihak debitur. Definisi agunan adalah aset yang dimiliki oleh debitur dijanjikan kepada pihak kreditur. Jika debitur mengalami masalah pembayaran, maka kreditur dapat memiliki atau menyita aset tersebut. Jadi anda sebagai debitur harus bijak dalam menentukan agunan apa yang hendak anda janjikan. Jangan sampai nilai agunan yang anda berikan jauh lebih tinggi dibandingkan nilai pinjaman anda. Sebaiknya jangan menjaminkan aset yang nilainya melebihi 100% dari nilai pinjaman anda.

Paham Alur Kredit Dan Pencairannya

Anda sebagai debitur harus mempelajari terlebih dahulu alur kredit yang akan anda ambil. Pahami persyaratannya, lengkapi dokumennya, ketahui berapa besar bunganya, tanggal berapa jatuh temponya, berapa besar denda jika anda telat membayar, dan berapa lama proses pencairan dana modalnya. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu anda tidak akan mengalami kebingungan dan proses pencairan akan berjalan dengan lancar.

Ketika anda mempersiapkan semuanya dengan baik maka tidak perlu takut lagi untuk memanfaatkan fasilitas pinjaman yang banyak ditawarkan. Untuk mendirikan sebuah usaha kuliner memang dibutuhkan keyakinan serta keberanian. Namun keberanian tersebut juga harus diseimbangi dengan persiapan yang matang. Perhitungan yang tepat serta perencanaan yang baik dapat membuat usaha kuliner anda berjalan lancar. Jika sudah seperti itu maka otomatis pembayaran kredit anda juga berjalan lancar. Selamat mendirikan usaha.

15 Penyebab Restoran Gagal(Bangkrut)

Pada umumnya mendirikan bisnis restoran merupakan perwujudan dari bentuk passion sang pemilik. Alasan lahirnya passion tersebut juga beragam. Ada yang ingin menyajikan makanan yang lezat, ingin menyalurkan hobi memasak, ingin mempunyai penghasilan, dan masih banyak keinginan lainnya di balik sebuah bisnis restoran yang anda jalankan.

Penyebab Restoran Gagal(Bangkrut)

Tetapi mempertahankan kelangsungan restoran seringkali tidak mudah. Akan banyak sekali tantangan yang dihadapi. Bahkan 70% restoran yang ada hanya berumur sekitar tiga hingga lima tahun. Setelah itu perkembangannya mulai tersendat lalu perlahan-lahan gagal dalam melanjutkan operasionalnya, kemudian bangkrut tak tersisa.

Mengapa hal seperti itu dapat terjadi? Apakah penyebab utamanya? Berikut ini kami jabarkan 15 penyebab restoran gagal / bangkrut.

Kurangnya Perencanaan

Kurang perencanaan dalam membuka restoran juga dapat menyebabkan restoran bangkrut. Perencanaan di sini bermacam-macam. Ada perencanaan konsep restoran, perencanaan modal yang akan digunakan, perencanaan keuangan, bahkan perencanaan mengenai menu restoran. Jika pemilik bisnis kurang memerhatikan mengenai hal-hal tersebut, dapat dipastikan bahwa restoran yang didirikan tidak akan berumur panjang.

Pengeluaran Modal Besar-Besaran Sebelum Membuka Restoran

Sebagian pemilik bisnis restoran berpikir bahwa persiapan membuka restoran harus didukung oleh modal yang cukup, terutama untuk mewujudkan konsep dan design restoran agar restoran terlihat unik dan menarik. Namun ada beberapa pemikiran yang salah. Beberapa pemilik menganggap bahwa menghabiskan modal secara besar-besaran sebelum membuka restoran merupakan hal yang wajar. Membeli furniture yang mahal dan membangun dekorasi mewah tanpa memikirkan modal untuk kelanjutan bisnis restoran bisa menjadi bom waktu. Operasional restoran juga perlu didukung dengan modal yang cukup agar tidak tersendat-sendat.

Pemilik Restoran Kurang Berpengalaman

Kurangnya pengalaman sang pemilik restoran juga dapat menjadi pemicu restoran bangkrut. Jika pemilik restoran tidak mempunyai pengalaman, tentunya akan kebingungan dalam hal mengatur restoran tersebut. Pemilik restoran yang tidak berpengalaman juga akan gagal dalam menyetir roda bisnisnya dan akan kurang dalam mengontrol sumber daya manusia yang dia miliki, sehingga pelan tapi pasti, restoran tersebut akan bergulir menuju ambang kebangkrutan.

Salah Memilih Target Market

Karena pemilik restoran kurang berpengalaman, bisa saja melakukan kesalahan dalam memilih target market. Contohnya saja anda mengincar mahasiswa sebagai target market anda, namun anda mematok harga makanan yang terlalu mahal. Atau anda menargetkan konsumen menengah ke atas untuk datang dan makan di restoran anda, namun kualitas makanan yang anda sajikan tidak lebih baik dari makanan kaki lima.

Pelayanan Restoran Yang Buruk

Sebuah restoran akan memiliki nama yang besar jika memiliki pelayanan yang baik, ramah, serta penyajian menu makanan yang cepat. Jika staff di restoran anda melayani konsumen dengan setengah hati, berlaku kasar, tidak sopan, dan lelet dalam menyajikan makanan, maka dipastikan akan menimbulkan kemarahan konsumen. Konsumen yang marah kemungkinan akan mengeluh di sosial media, memberikan rating yang jelek untuk restoran anda, menceritakannya kepada kerabat dan kenalannya, serta dapat mempengaruhi mereka untuk tidak makan di restoran anda lagi. Jika sudah seperti itu, otomatis pengunjung restoran anda akan berkurang secara signifikan.

Management Restoran Yang Buruk

Tidak berbeda jauh dengan point yang kelima di atas. Management restoran yang buruk adalah jika konsumen tidak diberikan greeting saat memasuki restoran. Selain itu staff restoran anda kurang komunikasi antara satu dengan yang lainnya, sehingga konsumen merasa diabaikan dan tidak diberikan pelayanan yang optimal. Contohnya saja jika konsumen menanyakan bagaimana sistem pembayarannya atau menanyakan menu terlaris, lalu staff anda tidak dapat memberikan informasi yang jelas karena kurangnya training. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap citra restoran anda.

Merekrut Tim Yang Salah

Salah merekrut orang untuk menjadi staff anda akan sangat berbahaya bagi kelangsungan bisnis restoran anda. Untuk membangun sebuah bisnis yang kuat, anda harus mengelilingi diri anda dengan staff terbaik yang setia membantu anda untuk mencapai tujuan bisnis anda. Hal ini sangat penting, karena jika anda berjuang bersama tim yang salah, bisa saja anda dikhianati oleh tim anda sendiri. Parahnya, restoran anda akan berujung pada kebangkrutan.

Pengendalian Keuangan Yang Tidak Seimbang

Dalam berbisnis restoran, mengontrol keuangan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh anda sebagai pemilik restoran. Anda harus teliti dalam menghitung pemasukan dan pengeluaran, sehingga anda mengetahui berapa besar keuntungan yang didapatkan. Apakah masih cukup untuk membayar gaji staff anda, sewa tempat, listrik, dan biaya operasional lainnya? Jika pengendalian keuangan tidak seimbang dan pengeluaran jauh lebih besar dibandingkan pemasukan, maka akan sangat berbahaya bagi restoran anda. Pengaturan keuangan yang salah dan tidak cermat akan menjerumuskan restoran anda ke dalam jurang kebangkrutan.

Menu Makanan Yang Mengecewakan

Konsumen datang untuk makan di restoran anda. Ketika mereka hendak memesan menu, waiter / waitress mengatakan bahwa hampir 80 % menu sedang kosong. Hal itu terjadi hampir setiap saat, sehingga konsumen terpaksa untuk memesan makanan yang ada saja, bukan makanan yang mereka inginkan. Atau pada kesempatan yang lain, restoran anda memiliki rasa makanan yang tidak enak dan tidak sepadan dengan harganya. Jika hal ini terus terjadi, restoran anda akan segera gulung tikar.

Menu Makanan Yang Monoton

Saat membangun restoran, anda harus mempersiapkan menu makanan terbaik anda untuk dihidangkan. Tetapi jangan pernah lupa untuk berinovasi dalam menciptakan menu-menu makanan baru yang enak. Jika menu makanan di restoran anda sangat monoton dan tidak ada inovasi selama bertahun-tahun, konsumen akan bosan dan mencari restoran lain yang lebih unik.

Tidak Menjaga Kebersihan Restoran dan Makanan

Cuek terhadap kebersihan restoran dan penyajian makanan akan berakibat fatal terhadap kelangsungan restoran anda. Dalam berbisnis kuliner, higienitas restoran anda merupakan perihal yang utama. Bayangkan jika konsumen anda menemukan serangga di dalam makanannya. Lebih buruk lagi jika ada tikus yang mondar-mandir di restoran anda, atau bahkan di meja makan konsumen. Apakah anda yakin konsumen anda akan datang lagi untuk bersantap?

Kurangnya Promosi Restoran Anda

Sebagus apapun restoran anda, seenak apapun makanannya, dan sesempurna apapun pelayanan yang diberikan oleh tim anda akan percuma jika tidak ada konsumen yang mengetahuinya. Oleh karena itu melakukan promosi merupakan hal yang sangat disarankan. Promosi berfungsi untuk memberitahukan khayalak luas mengenai eksistensi restoran anda. Anda juga dapat mempromosikan menu makanan andalan anda. Promosi sangat penting untuk mengundang konsumen untuk datang dan makan di restoran anda, sehingga restoran anda memiliki pemasukan dan terhindar dari kebangkrutan.

Program Promosi Yang Keliru

Meskipun sedang dalam masa promosi, namun anda perlu berhati-hati. Jangan sampai menyelenggarakan program promosi yang keliru sehingga dapat menyebabkan kebangkrutan. Pada tahun 2013 ada sebuah restoran di Cina yang mengadakan program promosi mempersilahkan konsumen untuk makan sepuasnya dan bayar seikhlasnya. Program promosi ini memang sukses mengundang banyak orang untuk makan di restoran tersebut. Namun di minggu pertama, pihak restoran sudah merugi dan menanggung hutang hingga ratusan juta rupiah. Tak membutuhkan waktu lama untuk melihat restoran tersebut jatuh dan bangkrut. Semuanya bermula dari program promosi yang salah.

Pemilihan Lokasi Yang Salah

Pemilihan lokasi yang salah juga dapat membuat restoran anda terancam bangkrut. Memilih membuka restoran di tempat terpencil, di kompleks yang sepi, dan di tempat yang sulit untuk dijangkau kendaraan tentunya merupakan hal yang harus dihindari. Apa yang anda harapkan ketika membuka restoran pada lokasi-lokasi seperti itu?

Matinya Passion Yang Anda Miliki

Jika anda membuka bisnis restoran bermula dari passion, maka anda tetap harus menjaga passion tersebut agar terus berkobar. Passion ibarat jantung dari usaha anda. Meskipun anda sedang bergumul dengan tantangan, passion dapat membuat anda tetap semangat. Ketika passion itu sudah meredup dan mati, ada kemungkinan anda akan mulai acuh tak acuh kepada restoran anda. Sikap cuek terhadap bisnis anda tentunya akan memicu restoran anda mendekati kebangkrutan.

Tips Memulai Usaha Catering

Satu dari sekian bisnis dalam bidang kuliner yang menyenangkan namun penuh tantangan adalah usaha catering.

Terutama bila Anda amat gemar memasak, keluarga dekat hingga kerabat dan tetangga pasti meminta Anda untuk memasakkan menu makanan untuk mereka.

Namun, Anda juga harus memperhatikan hal lainnya, seperti menu makanan, harga, hingga kompetitor.

Tips memulai usaha catering

Mulailah usaha catering secara kecil-kecilan dengan kata lain, Anda dapat mempertahankan pekerjaan yang sekarang.

Seiring usaha catering Anda berkembang, anda mungkin mempertimbangkan untuk memilih usaha catering sebagai pekerjaan utama.

Pertimbangannya adalah: kehilangan gaji tetap, penanganan stres, dan situasi keluarga Anda.

Menjalankan bisnis kuliner yang ini akan membutuhkan waktu berjam-jam, terutama pada malam hari, akhir pekan, dan hari libur.

Bagaiaman jika hal itu mempengaruhi pasangan dan anak-anak Anda?

Menjadi bos bagi diri sendiri adalah pilihan yang sangat pribadi yang seharusnya tidak dilakukan secara tergesa-gesa.

Setelah mantap dengan pilihan membangun usaha catering, cobalah ikuti tips berikut.

1. Pengalaman Kerja

Siapa pun yang ingin memulai usaha catering, lebih baik bekerja dalam bidang yang sama terlebih dahulu, terutama di tempat usaha catering yang sudah mapan karena mereka selalu mencari orang baik untuk mempersiapkan acara. Ini juga menjadi langkah terbaik untuk memutuskan apakah memulai bisnis catering adalah sesuatu yang benar-benar ini Anda lakukan. Selain itu, pengalaman kerja juga akan membuat Anda menyadari bahwa melakukan usaha catering termasuk pekerjaan fisik karena Anda akan berdiri selama berjam-jam.

2. Tentukan Nama

Hal yang menyenangkan namun sedikit rumit adalah memilih nama yang tepat. Jika orang tua yang memberi nama bayinya layaknya doa, Anda memberi nama usaha catering Anda agar membawa keberuntungan. Nama tersebut bisa merefleksikan menu makanan yang jadi andalan Anda, lokasi, atau permainan kata. Begitupun ketika menentukan menu makanan dalam usaha catering Anda. Buatlah nama menunya seunik dan semenarik mungkin. Atau bila tidak, buatlah sesederhana mungkin agar pelanggan langsung mengerti dengan menu catering Anda.

3. Pelajari Laporan Keuangan

Seperti bisnis lainnya, Anda harus memiliki laporan laba rugi untuk semua hal yang Anda lakukan dalam usaha catering. Cobalah perhitungkan terlebih dahulu pengeluaran yang Anda gunakan, seperti untuk bahan makanan, sewa peralatan catering, dan mempekerjakan karyawan. Setelah itu, tentukan harga setiap menu makanan dengan mengambil margin yang sesuai. Dengan begitu, keuntungan yang Anda dapatkan akan terlihat.

4. Pekerjakan Karyawan

Poin ini dapat dilakukan saat usaha catering Anda berjalan pesat. Anda akan membutuhkan karyawan ekstra karena tidak dapat menangani semua kebutuhan catering Anda, dari mempersiapkan bahan makanan, memasak, sampai mengemas menu catering. Kemungkinan besar pada awal tahun bisnis Anda, hanya karyawan paruh waktu yang dibutuhkan. Carilah individu terorganisir dan dapat dengan mudah mendelegasikan tugas yang Anda berikan. Tapi, tentu saja, bila memasak adalah keahlian Anda, jangan sampai karyawan Anda yang mengemban tugas tersebut. Hal ini mengantisipasi rasa masakan yang berbeda dari yang biasa Anda buat.

5. Promosi itu Keharusan

Media sosial seperti Twitter dan Facebook menjadi cara ampuh untuk mulai mengenalkan usaha catering Anda. Bentuklah sekelompok “teman” dan “pengikut”, namun jangan langsung gunakan sebagai alat untuk membicarakan bisnis Anda sendiri. Gunakan media sosial tersebut untuk meminta saran dan menetapkan diri Anda sebagai seorang ahli.

Berjejaring seluas-luasnya terutama dengan penyelenggara acara dan wedding organizer juga termasuk bentuk promosi untuk usaha Anda. Catering adalah satu dari beberapa layanan yang disewa oleh keduanya. Jangan gentar untuk mempromosikan usaha Anda kepada mereka dengan memberikan diskon. Pada dasarnya, mereka bisa dibilang sebagai tenaga penjual dari luar untuk usaha catering Anda, dan diskon yang Anda berikan kepada mereka adalah komisi untuk mereka karena telah bekerja sama dengan Anda.

6. Tetap Fokus

Mengutip kata-kata Winston Churchill, Anda tidak akan pernah mencapai tujuan jika berhenti dan melemparkan batu kepada anjing yang menggonggong. Yang Churchill ingin sampaikan adalah Anda tidak selalu harus peduli pada apa kata orang terhadap usaha Anda. Tetaplah fokus dalam menyempurnakan menu catering. Anda juga harus kreatif sekaligus ingat bahwa Anda adalah pengusaha. Menjadi pengusaha berarti Anda harus menyeimbangkan bisnis catering Anda dengan kegemaran Anda dalam memasak.

7. Bergabunglah dengan Perkumpulan Pengusaha

Adakan perkumpulan pengusaha catering di Indonesia? Namanya Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) yang sebelumnya bernama Asosiasi Catering Seluruh Indonesia (ACSI). Perkumpulan ini menjadi wadah berkumpulnya perusahaan yang berkaitan dengan usaha pengelola jasaboga. Dalam skala internasional terdapat organisasi profesional bernama National Association of Colleges and Employers (NACE) dan Meeting Professionals International (MPI) yang menjadi tempat berkumpulnya para profesional dari berbagai bidang usaha dari seluruh dunia.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk memulai usaha catering?

Bisnis Kuliner Modal Kecil

Industri kuliner terus berkembang mengingat bahwa kebutuhan utama manusia adalah makan dan minum. Melihat arah perkembangan ini, bisnis kuliner sebenarnya merupakan peluang yang sangat bagus untuk dijalankan.

Banyak jenis bisnis kuliner yang bahkan dapat dimulai dengan modal kecil. Asalkan gigih, penuh tekad, serta kerja keras, modal kecil pun dapat membuahkan keuntungan yang fantastis.

Bisnis Kuliner Modal Kecil

Bagi anda yang ingin terjun menggeluti dunia kuliner, anda harus melakukan perencanaan yang matang mengenai budget.

Jika modal yang anda miliki lumayan besar, tentu tidak akan terlalu masalah.

Bagaimana jika anda terikat oleh modal yang sangat terbatas?

Jangan khawatir. Anda tetap dapat membuka bisnis kuliner. Berikut ini akan kami jabarkan jenis-jenis bisnis kuliner modal kecil.

Jus Buah dan Minuman Blender

Pada siang hari yang terik tentu banyak orang yang kehausan dan mencari aneka minuman yang segar untuk melepaskan dahaga. Hal ini dapat anda jadikan peluang untuk berbisnis.

Anda dapat menjual aneka jus buah segar, minuman sachet, dan kopi sachet.

Peralatan yang anda butuhkan adalah etalase / meja, blender, termos es, air galon, pisau buah, aneka buah, minuman sachet, gelas plastik, dan sedotan. Modal yang anda butuhkan sekitar 2 juta-an.

Anda dapat memulai usaha anda dengan menyewa tempat di depan minimarket, di sekolah, atau di kantin perkantoran.

Anak-anak sekolah dan pegawai kantor merupakan target market yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis anda.

Jika bisnis anda sudah mulai memperlihatkan keuntungan, anda dapat memperluasnya dengan membeli showcase fridge untuk memajang aneka minuman botol dan gelas.

Anda juga dapat menjual aneka sup buah segar untuk menambah pemasukan.

Nasi Uduk

Banyak orang yang tidak sempat untuk memasak di pagi hari sehingga untuk sarapan, mereka lebih suka untuk beli di luar. Inilah kesempatan emas yang dapat anda manfaatkan.

Usaha kuliner nasi uduk adalah ide yang bagus, karena usaha ini memerlukan modal yang tidak terlalu besar.

Anda hanya perlu untuk mempersiapkan meja kayu, taplak, kompor, tabung gas, aneka wadah, bahan baku nasi uduk dan lauk pauk.

Untuk lauk pauknya anda dapat memasak aneka gorengan, telur dadar, telur bulat, aneka sate, semur tahu, bihun, mie, ati ampela, kerupuk, dan masih banyak lagi.

Dengan aneka macam lauk pauk tersebut anda dapat memperkirakan berapa modal yang anda perlukan.

Jika dihitung secara cermat, untuk usaha kuliner nasi uduk ini anda hanya memerlukan modal sekitar 2,5 – 3 jutaan..

Tahu Crispy

Tahu yang empuk dan gurih namun dibalut dengan tepung renyah ini selalu dicintai.

Karena harganya yang murah, banyak orang yang membelinya untuk cemilan atau sekedar untuk mengganjal perut yang lapar.

Tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai lauk pauk untuk disantap bersama nasi putih hangat dan sambal. Rasanya yang enak telah banyak membuat orang ketagihan.

Nah sekarang tak ada salahnya jika anda ingin membuka usaha kuliner tahu crispy, karena keuntungannya sangat besar.

Anda harus mempersiapkan etalase / gerobak, kompor, tabung gas, wajan, dan bahan baku untuk membuat tahu crispy. Modal yang dapat anda persiapkan adalah sekitar 3,5 juta-an.

Takoyaki Keliling

Hampir seluruh orang Indonesia telah mengenal jajanan khas dari Jepang ini.

Meskipun menu takoyaki banyak kita temukan di restoran Jepang yang lumayan mahal, kabar baiknya bisnis takoyaki bisa dijalankan dengan modal kecil.

Untuk isi takoyaki seperti gurita, dapat anda ganti dengan sosis, keju, kornet, atau daging sapi untuk menekan biaya produksi.

Setelah itu anda dapat mempersiapkan gerobak, stiker merk takoyaki anda untuk ditempelkan pada gerobak, kompor, tabung gas, cetakan takoyaki, bel untuk memanggil customer, serta bahan-bahan dasar takoyaki.

Dengan modal sekitar 4-5 juta, anda sudah siap untuk berbisnis kuliner takoyaki keliling.

Warung Bakso

Tidak pernah ada kata ketinggalan zaman untuk menu bakso. Bakso selalu memiliki penggemar dari berbagai usia.

Daging sapi yang gurih berpadu dengan kuah yang hangat dan nikmat selalu menjadi menu kesukaan orang Indonesia.

Membuka warung bakso merupakan peluang yang bagus dan tak memerlukan modal yang besar.

Anda dapat menyiapkan gerobak, warung tenda, kursi kayu, meja kayu, kompor, panci, dan bahan-bahan untuk membuat bakso.

Dengan modal di bawah 10 juta, anda sudah memiliki warung bakso sederhana.

Warung Kopi

Di daerah rumah anda banyak yang suka nongkrong dan ngopi? Jika ya, anda dapat mencoba untuk membuka warung kopi sederhana. Anda dapat menentukan menu apa yang dapat disajikan pada warung kopi anda.

Aneka kopi sachet, susu jahe, teh susu, mie instant, aneka gorengan, dan roti bakar dapat anda jadikan pilihan.

Anda perlu mempersiapkan perlengkapan warung kopi anda seperti kompor, tabung gas, wajan, termos, kursi, dan meja kayu, serta bahan-bahan untuk menu.

Jika dianalisa, anda perlu mempersiapkan modal sebesar 10 – 15 juta.

Untuk awal berbisnis kuliner, anda harus melihat prospek ke depan bisnis anda. Untuk langkah pertama, bangun usaha dengan modal yang tidak terlalu besar terlebih dahulu.

Setelah bisnis kuliner anda mulai memperlihatkan kemungkinan yang bagus dan mulai menghasilkan keuntungan, perbesar bisnis anda.

Bisa dengan membuat aneka menu baru, menyewa tempat yang lebih luas, bahkan memperbanyak cabang tempat usaha anda.

Dengan begitu bisnis kuliner anda akan terus dicari oleh para pencinta kuliner.

Macam-Macam Es Krim Yang Ada di Dunia

Siapa yang tidak mengenal banyak macam es krim? Penganan yang mendunia ini benar-benar diidolakan dan diburu oleh berbagai khalayak, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selama berabad-abad lamanya, hidangan penutup ini disajikan secara turun temurun dengan kekayaan resep yang beragam. Sensasi dingin dan manis yang dihasilkan membuat es krim menjadi salah satu makanan favorit.

Macam-Macam Es Krim

Dengan semakin pesatnya perkembangan zaman, es krim sudah dapat disantap oleh siapapun, tidak hanya oleh kaum bangsawan semata.

Bahkan banyak sekali jenis es krim unik aneka rasa yang tercipta dari olahan tangan orang-orang kreatif di seluruh dunia. Jadi apa saja sih jenis-jenis es krim yang ada di dunia?

Es Puter

Es puter sudah sangat familiar di lidah orang Indonesia. Es krim ini terbuat dari bahan dasar santan kelapa sehingga memiliki rasa yang sedikit gurih.

Teksturnya lembut dan mencair di mulut. Penambahan gula pada adonannya menciptakan sensasi manis yang pas.

Pada umumnya para pedagang menjajakan es krim ini sore hari dengan berkeliling komplek sembari mendorong gerobak kayu yang dilengkapi dengan lonceng kecil.

Jika lonceng tersebut dipukul maka akan menimbulkan suara khusus seperti “dung dung dung”.

Saat penyajian, es krim ini biasanya dinikmati bersama potongan roti, cokelat tabur, ataupun susu kental manis. Es krim ini memiliki rasa vanilla, cokelat, dan strawberry.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak es puter dengan aneka rasa yang unik, hasil modifikasi kekinian.

Es Krim Potong

Pernah melihat es krim yang dipotong lalu diapit oleh satu lembar roti tawar warna-warni?

Ya, es krim potong yang lebih dikenal dengan sebutan Orchard Road Ice Cream atau es krim sandwich ini banyak dijual di Orchard Road, Singapura.

Kuliner es krim ini bahkan sempat mendunia, dan dapat kita temukan di Indonesia juga.

Penyajiannya cukup mudah. Es krim beku berbentuk persegi panjang dilipat di dalam sebuah roti tawar.

Cara memakannya juga mudah, seperti memakan sandwich atau hamburger.

Harganya lumayan murah dan rasanya sangat variatif sehingga tak heran jika es krim ini merupakan jajanan wajib jika anda sedang menginjakkan kaki di Singapura.

Gelato

Gelato merupakan salah satu jenis es krim. Yang membedakan gelato dengan es krim biasa adalah gelato terbuat dari susu utuh dan memiliki tekstur yang lebih padat dan mulus.

Gelato diproses pada temperatur yang tidak terlalu dingin, sehingga membuat komposisi udara yang dibutuhkan tidak sebanyak es krim biasa.

Akibat tekstur yang padat tersebut, orang yang memakannya akan merasa lebih kenyang. Gelato juga memiliki kandungan lemak yang lebih rendah, hanya sekitar 6-10% saja.

Sorbet

Sudah pernah mendengar jenis es krim yang satu ini? Sorbet adalah salah satu hidangan penutup yang dibekukan, terbuat dari sari buah dengan campuran air dan gula.

Sorbet memiliki rasa manis yang alami karena biasanya terbuat dari sari buah asli, dan tidak mengandung susu.

Teksturnya agak sedikit kasar jika dibandingkan dengan es krim namun lebih menyegarkan dan mengandung banyak vitamin.

Pada zaman modern ini, sorbet mulai dimodifikasi dengan mencampurkan sayur ke dalamnya, menciptakan rasa yang begitu unik dan sehat.

Sherbet

Meski namanya mirip dengan sorbet, namun ternyata sherbet berbeda dengan sorbet. Hidangan penutup ini biasanya terbuat dari buah-buahan atau sayuran, gula, susu, dan putih telur.

Susu yang digunakan untuk membuat sherbet adalah susu rendah lemak sehingga hasilnya lebih creamy. Untuk teksturnya sendiri memang lebih lembut dan sangat milky di lidah.

Kulfi Ice Cream

Kulfi merupakan salah satu jenis es krim yang berasal dari India. Es krim ini sangat terkenal di negaranya, lalu mulai merambah ke Bangladesh, Nepal, Pakistan, hingga Myanmar.

Teksturnya sangat unik, agak kasar karena ada tambahan kacang-kacangan pada permukaannya. Pada umumnya kulfi berbentuk kerucut.

Kulfi terbuat dari perpaduan susu evaporasi yang direbus bersama susu kental manis. Tahap berikutnya adalah dengan menambahkan perisa yang diinginkan seperti rasa buah maupun rasa lainnya.

Dondurma

Dondurma merupakan es krim spesial dari Turki. Mengapa spesial? Karena penyajian es krim ini dikombinasikan dengan atraksi unik dari penjualnya.

Atraksi unik tersebut seringkali menjadi daya tarik konsumen untuk ikut ramai-ramai mencicipi dondurma. Ditambah lagi, penjual es krim ini juga mengenakan kostum khusus, seperti topi dan rompi.

Dondurma terbuat dari campuran susu, gula, tepung salep, dan getah pohon mastic. Bagi anda yang baru pertama kali mendengar tepung salep mungkin anda akan bertanya-tanya.

Tepung salep adalah perpaduan adonan tepung dan ekstrak bunga Anggrek dari pegunungan Turki. Itulah sebabnya mengapa dondurma terasa kenyal, lengket, dan tidak mudah mencair.

Akutaq

Ingin mencicipi es krim khas dari suku Eskimo? Anda harus mencoba akutaq. Akutaq terbuat dari kombinasi lemak rusa, anjing laut, buah, ikan, dan salju.

Mungkin bagi sebagian orang bahan-bahan dasar pembuatan akutaq terdengar aneh. Namun akutaq memiliki tekstur yang creamy, lembut, dan dingin di lidah.

Untuk rasanya? Tidak seperti bayangan anda. Berani mencobanya?

Frozen Yoghurt

Kudapan sehat yang terbuat dari hasil fermentasi susu tanpa krim, dicampur dengan gula dan susu, kemudian diolah hingga teksturnya lembut dan padat.

Wujudnya serupa seperti es krim, namun tak sama. Hidangan penutup ini diklaim sebagai hidangan rendah kalori dan rendah lemak.

Pada beberapa negara, penyajian frozen yoghurt dikreasikan sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Ada yang mencampurkannya dengan potongan buah-buahan segar, ada yang menyajikannya dengan cone, bahkan waffle.

Snow Ice

Pasti anda sudah pernah mendengar snow ice, salah satu jenis es krim kekinian yang banyak dijajakan di mall.

Pada mulanya, snow ice banyak ditemukan di Taiwan dan merupakan hidangan penutup yang sangat digemari di negeri tersebut.

Snow ice terbuat dari es krim yang dibekukan, kemudian diserut oleh mesin khusus, kemudian dicampurkan dengan aneka topping, sirup, dan buah-buahan, membuat rasanya semakin segar dan menyehatkan.

Teksturnya agak kasar, namun ketika hinggap di lidah akan mencair dengan cepat, menimbulkan sensasi manis. Sangat layak dicoba.

Rolled Ice Cream

Belakangan ini rolled ice cream tengah menjadi bahan perbincangan para pencinta kuliner di seluruh dunia.

Es krim terkenal dari Thailand ini mempunyai cara penyajian yang unik dan menarik untuk disaksikan.

Pertama kali adonan es krim diblender, kemudian dituang ke atas loyang berbentuk datar. Setelah itu adonan diaduk-aduk, seperti sedang dicacah.

Tahap berikutnya adonan diratakan ke seluruh loyang, kemudian mulai digulung satu persatu.

Setelah jadi, rolled ice cream tersebut siap dimasukkan ke dalam wadah, ditambahkan topping seperti cokelat, biskuit, maupun saus buah, dan siap dihidangkan.

Granita

Granita adalah es serut asal Italia. Bahan dasar untuk membuat granita tergolong sangat sederhana, karena hanya menggunakan gula, air, dan aneka perisa dengan tujuan menambah kenikmatan hidangan penutup yang satu ini.

Setiap kota menyukai jenis granita yang berbeda-beda. Ada yang mencampurkannya dengan jus lemon, jeruk, kopi, almond, mint, bahkan strawberry liar.

Faloodeh

Bagi sebagian orang, nama ini mungkin masih terdengar asing. Tetapi faktanya kudapan ini sangat populer di India.

Hidangan ini mempunyai bahan-bahan dasar yang unik yakni adonan pati beras yang dicetak khusus menyerupai bihun, susu cair, sirup yang terbuat dari air mawar, irisan lemon, dan aneka topping favorite.

Di negara lainnya faloodeh banyak dikreasikan sesuai selera masing-masing individu.

Mochi Ice Cream

Jepang tidak mau kalah. Negeri sakura ini mempunyai es krim khas yang merebut perhatian dunia. Penduduk Jepang mengkreasikan mochi konvensional tersebut dan menjadikannya lebih modern.

Tidak hanya berisi kacang, kali ini mereka menggantinya dengan es krim. Hidangan penutup ini sungguh unik. Manis dan dinginnya es krim berpadu sempurna dengan kenyalnya mochi.

Saat ini mochi ice cream sudah mudah ditemukan dimana-mana. Rasa es krimnya juga unik-unik. Ada es krim rasa teh hijau, kacang merah, wijen, talas, dan masih banyak lagi.

Cheese Ice Cream

Cheese ice cream atau es krim keju sangat disukai oleh penduduk Filipina. Orang-orang Filipina menyebutnya dengan keso / queso.

Es krim ini tergolong tidak biasa. Banyak yang meragukan hidangan penutup tersebut dan bertanya-tanya bagaimana mungkin keju dijadikan sebagai bahan utama perisa es krim.

Ternyata ketika dicicipi, es krim ini sangat lezat dan membuat banyak orang ketagihan. Perpaduan rasa asin dan manis memberikan sensasi baru yang unik. Jadi penasaran ingin mencoba?

Ternyata banyak sekali ya jenis-jenis es krim di dunia. Es krim tersebut diolah sesuai dengan ciri khas negara masing-masing, sehingga menciptakan kekayaan kuliner tersendiri bagi negara tersebut.

Secara tidak langsung hal itu dapat memancing rasa penasaran turis lokal maupun turis mancanegara untuk mencicipi lezatnya aneka es krim di belahan dunia.

modal-cafe

Rincian Modal Usaha Kafe Kecil

Seperti yang kita tahu bahwa bisnis kafe tengah meledak, dan berkembang secara signifikan. Kafe mulai menjamur dan dapat ditemukan dimana saja.

Konsep yang ditawarkan juga sangat variatif, mulai dari tradisional maupun modern.

Tak dapat dipungkiri bahwa jumlah kafe juga berkaitan erat dengan jumlah para penggila kuliner yang juga semakin banyak dari hari ke hari.

Ngopi, ngemil, makan, dan nongkrong sudah menjadi gaya hidup, menjadikan bisnis ini masih memberikan peluang yang menjanjikan.

Bagi anda pencinta kuliner yang tengah memiliki passion untuk membuka kafe sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba terjun ke dalam bisnis ini.

Rincian Modal Usaha Kafe Kecil

Membuka kafe tidak perlu menggelontorkan modal besar hingga ratusan juta rupiah.

Dengan modal kecil pun bisa, asalkan anda mempunyai kemampuan mengolah makanan yang nikmat.

Anda juga harus mempunyai mental pantang menyerah, gigih, dan ulet agar hasil usaha anda dalam membuka kafe tidak sia-sia.

Berikut ini kami gambarkan analisa usaha kafe yang dapat anda perhatikan.

Merancang Konsep

Persaingan kafe yang semakin hari semakin ketat membuat pemilik kafe mau tak mau harus merancang konsep terlebih dahulu.

Konsep berguna untuk membuat kafe anda menjadi unik dan berbeda daripada yang lainnya.

Banyak konsep yang dapat anda jadikan pilihan, seperti vintage, tradisional, modern, tema koboi, dan masih banyak lagi.

Menentukan Tempat

Nah setelah konsepnya jadi, maka anda harus memikirkan dimana tempat yang tepat untuk membangun bisnis kuliner anda.

Akan lebih bagus lagi jika ada tempat yang tidak terpakai, seperti di garasi rumah atau di teras rumah, dengan catatan rumah anda terletak di dekat jalan besar dan mudah dijangkau.

Jika tidak, maka anda dapat menyewa tempat.

Mempersiapkan Menu

Menu apa yang hendak anda sajikan untuk customer anda? Anda harus memperkaya menu kafe anda dengan beragam jenis menu makanan dan minuman.

Untuk makanan beratnya, nasi goreng, mie goreng, maupun ayam goreng dapat dijadikan pilihan.

Siapkan juga hidangan pendamping seperti kentang goreng, sosis bakar, tahu goreng, singkong goreng, roti bakar, waffle, pisang goreng, dan aneka menu lainnya

Perizinan

Untuk kelangsungan bisnis dan agar tidak ada masalah yang menimpa kafe anda ke depannya, maka anda dapat mengurus perizinannya.

Menyiapkan Perlengkapan dan Peralatan Kafe Anda

Setelah siap semuanya, anda dapat menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang dapat mendukung bisnis anda.

Anda harus merinci terlebih dahulu mengenai apa yang anda butuhkan, lalu persiapkan modal anda.

Berikutnya kami akan membahas mengenai analisa rincian modal yang akan anda gunakan untuk membuka usaha anda.

Investasi Peralatan

  • Kompor Gas + Tabung 3 kg Rp 750.000
  • Termos Rp 200.000
  • Blender Rp 450.000
  • Panci + Wajan Rp 500.000
  • 20 Set Piring + Gelas + Sendok + Garpu Rp 700.000
  • 10 Set Meja + Kursi Kayu @Rp500.000 Rp 5.000.000
  • Kulkas 1 pintu Rp 1.500.000
  • Lain-Lain Rp 250.000 +
  • Total Rp 9.350.000

 

Investasi Bahan Bahan Makanan

  • 5 Dus Mie Instant @ Rp 45.000 Rp 225.000
  • 10 Susu Kaleng @ Rp 8.500 Rp 85.000
  • 5 Lusin Telur @ Rp 18.500 Rp 92.500
  • 5 Pack Roti Tawar @ Rp 8000 Rp 40.000
  • 5 Kaleng Selai (Nanas, Strawberry,  Cokelat, dll) 1 kg @ Rp 75.000 Rp 375.000
  • 2 Kaleng Mentega 1 kg @ 50.000 Rp 100.000
  • 10 Pack Minyak Goreng 1Liter @ Rp11.000 Rp 110.000
  • 20 kg Beras Rp 225.000
  • Keju Balok 2 kg Rp 150.000
  • Frozen Food (Kentang, Sosis, Chicken Nugget) Rp 250.000
  • Bahan-Bahan Lainnya Rp 250.000 +
  • Total Rp 1.902.500

Investasi Perlengkapan

  • Sewa Tempat Pertahun Rp 10.000.000
  • Aksesoris Perlengkapan Ruangan Rp 500.000
  • Gaji Pegawai 2 Orang @1.500.000 Rp 3.000.000
  • Biaya Retribusi / Perizinan Usaha Rp 150.000 +
  • Total Rp 13.650.000

Total Biaya Keseluruhan = Rp 24.902.500

Rincian harga di atas dapat berubah sesuai situasi dan kondisi lingkungan anda, namun dapat dijadikan patokan sebagai langkah awal anda untuk berbisnis kuliner.

Jika niat dan tekad sudah bulat, maka pasti akan ada jalan untuk usaha anda.

Selalu lakukan promosi yang gencar melalui sosial media dan melalui teman-teman, keluarga, serta kerabat anda.

Untuk keuntungan yang akan diraih dapat diestimasi, namun tidak dapat dijadikan patokan karena tergantung dengan kondisi pasar.

Selamat berwirausaha.

biji-kopi

Perbedaan Biji Kopi Arabika dan Robusta

Masih Bingung Bedanya Kopi Arabika dan Kopi Robusta? Ini Dia Penjelasannya

Bagi kebanyakan orang, minum secangkir kopi hitam hangat di pagi hari merupakan ritual yang hukumnya wajib. Tidak boleh sampai terlewati satu hari pun. Mungkin ini ada baiknya juga untuk Anda.

Telah begitu banyak penelitian ilmiah yang menegaskan bahwa kebiasaan ngopi itu berpotensi membawa sejuta manfaat kesehatan — mulai dari melawan depresi, menurunkan risiko stroke dan kanker prostat bagi pria, hingga menjaga kesehatan jantung.

Eits, tapi tunggu dulu. Kalau Anda mengaku penggemar kopi, sudah yakin tahu bedanya antara kopi Arabika dan kopi Robusta? Simak nih penjelasannya.

Apa bedanya kopi arabika dan robusta?

Kopi Robusta

Biji kopi Robusta tidak begitu banyak diproduksi. Spesies kopi ini banyak tumbuh di benua Afrika Barat, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Namun, beberapa negara yang menghasilkan kopi Arabika juga menanam kopi Robusta.

 

Mengulik lebih dalam seputar ciri-ciri kopi Robusta

Bentuk biji kopi Robusta bulat dan agak lebih padat daripada biji kopi Arabika yang pipih memanjang. Ukuran biji kopi Robusta juga lebih kecil dan teksturnya sedikit kasar.

Biji kopi Robusta termasuk spesies kopi yang fleksibel. Bahkan bisa ditanam di dataran yang tak terlalu tinggi dengan suhu yang berubah-ubah.

Dalam setahun, tanaman kopi Robusta bisa menghasilkan biji kopi lebih banyak dari kopi Arabika. Biji kopi Robusta juga lebih mudah tumbuh dan dirawat dibandingkan dengan tanaman kopi Arabika.

 

Seperti apa rasa dan aroma kopi Robusta?

Ciri khas rasa kopi Robusta adalah pekat dan agak pahit. Ini karena kadar kafein dari kopi Robusta lebih tinggi dibandingkan kopi Arabika, yaitu hingga 2,2%.

Cita rasa dan aroma kopi ini sangat kuat, mirip dengan cokelat, teh hitam, dan kacang-kacangan. Setelah diseduh, beberapa jenis kopi Robusta wanginya agak seperti kayu.

Biasanya kopi Robusta digunakan sebagai bahan kopi instan.

 

Contoh kopi Robusta

Indonesia merupakan salah satu produsen biji kopi Robusta terbesar. Beberapa contoh kopi Robusta asli Indonesia antara lain kopi Lampung, Jawa Barat, Bali, Flores, dan Bengkulu.

Kopi Luwak juga berasal dari tanaman kopi Robusta, tetapi ada juga yang berasal dari tanaman kopi Arabika. Kopi Robusta dari negara lain contohnya adalah India, Vietnam, Jamaika, dan Uganda.

 

Kopi Arabika

Kopi Arabika adalah jenis biji kopi yang paling banyak ditemui. Hampir 70% kopi yang dijual di pasaran saat ini adalah jenis biji kopi Arabika. Biji kopi arabika paling banyak tumbuh di Afrika Tengah dan Timur, Amerika Selatan, serta Asia Selatan dan Tenggara. Ya, termasuk di Tanah Air kita.

 

Mengulik lebih jauh seputar ciri-ciri kopi Arabika

Biji kopi Arabika bentuknya sedikit memanjang dan pipih. Dibandingkan dengan biji kopi Robusta, biji kopi Arabika ukurannya agak lebih besar.

Selain itu, teksturnya lebih halus dibandingkan dengan biji kopi Robusta.

Biji kopi Arabika sangat peka terhadap perubahan suhu dan mudah diserang hama dan penyakit. Itu sebabnya biji kopi ini lebih sulit untuk diproses dan diolah.

Karena kedua hal ini pula, hasil panen biji kopi Arabika dalam satu tahun masih lebih sedikit dari kopi robusta. Tapi, kopi Arabika jelas lebih unggul kualitasnya.

Bahkan kopi Arabika dipercaya sebagai kopi dengan kualitas terbaik di antara yang lainnya. Karena kualitasnya, kopi Arabika harus ditangani dengan ekstra hati-hati.

 

Seperti apa rasa dan aroma kopi Arabika?

Kandungan gula dalam kopi Arabika lebih tinggi daripada kopi Robusta. Oleh karena itu, kopi ini terasa agak manis dan asam setelah dikecap — meski diseduh tanpa gula.

Aromanya wangi seperti campuran bunga dan buah-buahan. Kopi Arabika mengandung kafein sebesar 1,2% sehingga setelah diseduh, kopi ini terasa lembut, tidak terlalu pekat.

Inilah mengapa kebanyakan kopi yang disajikan di kafe, restoran, atau kedai kopi biasanya menggunakan biji kopi Arabika.

 

Contoh kopi Arabika

Kopi Arabika banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Beberapa contoh kopi Arabika yang cukup dikenal adalah kopi Etiopia, Kenya, Toraja, Sumatera, Mandailing, Jawa (dari perkebunan kopi di daerah Kawah Ijen, Jawa Timur), Papua Nugini, Colombia, dan Brazil.

Jenis-Jenis Kopi di Indonesia

Seberapa candukah Anda pada kopi? Banyak survei yang membuktikan bahwa penyuka kopi akan merasakan tidak bergairah ketika tidak minum kopi. Biasanya, mereka akan meminum satu jenis kopi saja. Padahal, begitu banyak jenis-jenis kopi yang bisa dicicipi apalagi yang ada di Indonesia.

Sebagai negara yang memiliki lokasi geografis dan struktur tanah yang baik, Indonesia menjadi surga bagi segala macam jenis tanaman, termasuk kopi. Banyaknya perkebunan kopi yang tersebar di wilayah Indonesia, membuatnya memiliki macam-macam kopi dengan karakteristik yang unik. Apa saja jenis kopi nusantara? Mari cari tahu!

1. Kopi Jawa

Jawa termasuk satu dari lima pulau terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu penghasil kopi terbesar nusantara. Jawa terkenal dengan kopi Arabika. Kopi jenis ini tumbuh dengan baik pada suhu 16 hingga 20 derajat Celcius atau berada pada ketinggian di atas 1.500 meter.

Petani kopi harus benar-benar memperhatikan selama masa tanam karena cenderung lebih rentan terhadap penyakit hama. Kopi Jawa juga dikenal sebagai salah satu kopi dengan umur terbaik di dunia karena bisa disimpan selama dua sampai tiga tahun. Hal itu jugalah yang membuat kopi ini memiliki rasa yang kuat.

2. Kopi Luwak

Asal-usul Kopi Luwak amat erat kaitannya dengan sejarah produksi kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda mendirikan perkebunan kopi di pulau-pulau Hindia Belanda baik di Jawa maupun Sumatra, salah satunya jenis Arabika yang diperkenalkan dari Yaman. Selama era Tanam Paksa (1830-1870), Belanda melarang petani pribumi untuk menanam kopi untuk keuntungan sendiri.

Meski begitu, petani pribumi ingin mencicipi minuman kopi yang terkenal. Mereka akhirnya mengetahui bahwa beberapa jenis musang atau disebut luwak mengkonsumsi buah kopi, namun luwak meninggalkan biji kopi yang belum tercerna dalam kotorannya.

Petani pribumi mengumpulkan kotoran biji kopi luwak, membersihkannya, memanggang, serta menggilingnya untuk menjadikannya minuman kopi buatan mereka sendiri.

Ketenaran kopi luwak beraroma ini menyebar dari petani dan penduduk pribumi ke pemilik perkebunan Belanda dan segera menjadi favorit.

Hingga kini, kopi jenis ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi Luwak bahkan sudah mahal sejak masa penjajahan tersebut.

3. Kopi Aceh Gayo

Anda tahu Kopi Aceh Gayo atau sering disebut dengan Kopi Gayo? Kopi Gayo berasal dari daerah Aceh Tengah tepatnya Gayo. Kopi jenis ini menjadi salah satu kopi yang paling banyak dikonsumsi dan diekspor ke luar negeri.

Keunikan dari Kopi Gayo adalah aroma yang berbeda dengan jenis-jenis kopi lain di Indonesia. Kopi Gayo juga memiliki rasa pahit kopi dengan tingkat keasaman yang rendah.

Meski rasanya lebih pahit, aroma gurih yang dimunculkan dari Kopi Gayo memberikan sensasi tersendiri dalam setiap seruputnya.

4. Kopi Sumatra

Kopi Sumatra memiliki beberapa subjenis yang berasal dari Sumatra Utara, yaitu Sidakalang, Lintong, dan Mandheling. Kopi Sumatra memiliki rasa yang berat dan merupakan jenis kopi paling kompleks di dunia.

Beberapa ahli mengatakan bahwa kopi ini memiliki cita rasa yang unik karena terksturnya halus namun beraroma pedas bagai rempah dan menyengat. Inilah yang menyebabkan Kopi Sumatra menjadi salah satu yang terlaris.

5. Kopi Flores Bajawa

Pulau Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Namun, sedikit yang tahu bahwa pulau ini juga menghasilkan kopi yang nikmat. Kopi Flores Bajawa adalah kopi yang berasal dari daerah Ngada.

Kopi ini ditanam di dataran subur Flores dengan dikelilingi oleh pegunungan yang masih aktif. Tanahnya mengandung Andosol yang merupakan hasil vulkanis dari gunung berapi yang ternyata sangat baik untuk menanam kopi.

Kopi Flores Bajawa biasanya diproses melalui penggilingan basah. Memiliki ciri-ciri aroma buah kopinya bercampur dengan sedikit aroma tembakau. Keunikan tersendiri yang tidak dimiliki dari kopi jenis lain.

6. Kopi Kintamani

Kopi dari Kintamani, sebuah daerah di Pulau Bali, memang memiliki cita rasa yang unik dibandingkan dengan kopi dari daerah lain nusantara.

Kopi Kintamani ditanam bersama dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk Kintamani. Tanamannya sendiri menggunakan sistem tumpangsari.

Inilah sebabnya biji Kopi Kintamani memiliki rasa buah seperti jeruk. Selain itu, kopi jenis ini bercita rasa lembut dan tidak berat.

7. Kopi Sulawesi

Pulau penghasil kopi utama lainnya di Indonesia adalah Sulawesi yang dulunya dikenal dengan nama Celebes. Kopi di Sulawesi ditanam dengan metode kering.

Daerah yang paling terkenal asal Kopi Sulawesi adalah Toraja yang ditumbuhkan di daerah pegunungan sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut. Kopi di wilayah ini tumbuh dengan praktik budidaya kopi tradisional, terutama di perkebunan rakyat kecil milik swasta.

Penyortirannya pun dilakukan dengan tangan yang menjadikannya berkualitas tinggi karena hanya biji yang terbaiklah yang dipetik. Hal ini dilakukan karena daerahnya yang berbukit-bukit dan penanaman yang serampangan, sehingga hanya menghasilkan hanya 300 kg per hektar tanaman kopi.

8. Kopi Papua Wamena

Kopi yang berasal dari Indonesia bagian Timur ini tumbuh pada ketinggian 1,500 meter dengan suhu sekitar 20 derajat Celcius.

Hal ini membuatnya memiliki cita rasa ringan dengan aroma yang tajam. Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman rendah yang kemungkinan disebabkan kondisi geografis dan struktur lahan tempat kopi ini ditanam.

Para petani menanam kopi secara organik dan tidak menggunakan bahan kimia yang bisa mempengaruhi kopi itu sendiri. Cobalah kopi dengan cita rasa ringan dan lembut serta aroma dan tekstur menyengat yang hampir tanpa bulir, Kopi Papua Wamena.

tips-buka-cafe

13 Tips Membuka Coffee Shop

Kesibukan para pegawai kantoran yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beraktivitas, seringkali membuat mereka tidak sempat untuk sarapan atau sekedar menyesap kopi di rumah.

Mereka memilih untuk menyeimbanginya dengan makan dan minum di luar rumah.

Fenomena ini membuat para penggiat kuliner terinspirasi. Terlihat dari semakin menjamurnya kafe, restoran, dan coffee shop di kota-kota besar.

Jika diteliti lebih dalam, membuka coffee shop merupakan ide yang bagus dan merupakan ladang bisnis yang sangat menjanjikan.

Hal ini dikarenakan oleh semakin banyaknya pencinta kopi. Minum kopi seakan-akan sudah menjelma menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup.

Menggenggam sebuah gelas dengan cap logo coffee shop tertentu merupakan kebanggan tersendiri bagi sebagian orang.

Nah, bagi anda yang mempunyai keinginan kuat untuk membuka coffee shop, maka anda harus memperhatikan 13 tips ini agar coffee shop anda berjalan dengan lancar.

1. Membuat Rencana Bisnis Dengan Matang

Rencana bisnis sangat diperlukan ketika anda hendak membuka coffee shop.

Rencana bisnis mencakup sebuah strategi mengenai coffee shop seperti apa yang hendak anda buat?

Bagaimana prospek ke depannya, apakah coffee shop yang anda buat itu benar-benar dapat bersaing di pasaran?

Bagaimana harga menu yang akan anda terapkan, apakah sepadan dengan kualitas?

Siapa target market yang anda incar? Siapa kompetitornya?

Dan bagaimanakah rencana keuntungan yang akan anda dapat?

Semua itu harus anda pikirkan matang-matang dalam sebuah pola rencana bisnis anda.

 

2. Menentukan Target Market Yang Sesuai

Ketika sudah membuat daftar perencanaan secara garis besar, maka anda dapat merincinya kembali lebih mendalam. Anda harus mengetahui siapa target market yang akan anda tuju?

Apakah kalangan mahasiswa? Apakah kalangan anak muda yang hobi nongkrong? Atau kalangan eksekutif?

Penerapan target market yang sesuai akan sangat berpengaruh kepada keberhasilan coffee shop anda.

3. Merancang Budget Pengeluaran

Setelah anda sudah menemukan siapa target market yang anda incar, maka hal selanjutnya adalah anda harus merancang budget pengeluaran.

Berapa biaya yang akan anda siapkan untuk membuat konsep, merancang interior, eksterior, furniture, biaya bahan makanan, biaya pembelian perangkat mesin pembuat kopi, biaya promosi, dan biaya tak terduga lainnya.

Semuanya harus masuk secara terperinci ke dalam daftar pengeluaran anda. Perencanaan keuangan yang tepat tentunya akan menyelamatkan anda dari ledakan biaya pengeluaran tak terduga.

4. Membuat Konsep Yang Tepat

Konsep coffee shop juga harus dipikirkan dengan matang.

Coffee shop yang baik adalah jika didirikan dengan sebuah konsep yang rapi nan memikat.

Konsep itu mencakup berbagai aspek yang luas, tidak hanya seputar desain interior atau eksterior ruangan semata, melainkan presentasi makanan, tata cara pelayanan, seragam crew, furniture ruangan, maupun desain buku menu.

5. Membuat Logo

Logo merupakan hal yang juga tak kalah pentingnya bagi sebuah bisnis kuliner. Logo ibarat identitas restoran yang dapat membuat coffee shop tersebut berbeda dengan yang lainnya. Oleh karena itu merancang sebuah logo diperlukan keseriusan. Aneka garis dan warna memiliki artinya masing-masing, sehingga membuat logo tidak boleh sembarangan.

6. Mencari Lokasi Serta Bangunan Yang Tepat

Setelah hal-hal dasar terpenuhi, maka anda dapat beranjak untuk mencari lokasi serta bangunan yang tepat. Pemilihan lokasi berkaitan dengan target market yang anda tuju.

Jika anda membidik mahasiswa, maka anda dapat memilih lokasi yang dekat area kampus. Jika anda membidik pegawai kantoran, maka pilihlah lokasi di area ruko maupun gedung-gedung bertingkat.

Berikutnya, pilihlah struktur bangunan yang tepat pula.

Jika coffee shop anda bernuansa minimalis, maka pilihlah bangunan yang bentuknya tidak terlalu rumit. Jika anda menginginkan nuansa alam dan luar ruang, maka pilihlah bangunan yang didominasi oleh ruangan terbuka.

7. Menentukan Desain Interior

Hal yang tak kalah penting ketika anda ingin membuka coffee shop adalah anda harus memikirkan desain interiornya. Ruangan coffee shop anda akan didominasi oleh warna apa, perlukah memakai wallpaper, menggunakan bahan apakah material lantainya, dan bagaimana bentuk ruangannya secara keseluruhan?

8. Menentukan Furniture Yang Memikat

Furniture pada coffee shop anda harus sesuai dengan konsep yang telah anda rancang. Contohnya jika titik berat konsep anda berkisar tentang nuansa alam, gunakanlah meja makan serta kursi kayu yang memancarkan nuansa hangat, alami, serta asri. Tambahkan pula aneka pot berisi tanaman-tanaman hijau.

9. Menentukan Desain Eksterior

Sudah selesai dengan interior kafe, mari beralih kepada desain eksterior, yakni bagian luar suatu bangunan. Desain eksterior bertujuan untuk menambah estetika atau nilai keindahan pada sebuah bangunan. Dengan desain eksterior yang penuh seni, maka coffee shop anda akan terlihat semakin cantik, indah, dan juga menarik. Bagian yang satu ini juga harus saling berkesinambungan dengan nuansa bangunan secara keseluruhan. Ada banyak tipe desain eksterior yang dapat anda pilih seperti gaya klasik, gaya oriental, gaya modern minimalis, dan masih banyak lagi.

10. Memastikan Kualitas Rasa Menu Restoran

Kualitas rasa makanan dan minuman merupakan nyawa sebuah restoran. Konsep restoran yang keren, desain ruangan yang top, atau harga makanan yang murah tidak akan berguna jikalau cita rasa hidangan yang anda sajikan berkualitas jauh di bawah standar. Pastikan sajian anda menggunakan bahan – bahan yang segar dan berkualitas baik, sehingga hidangan anda menjadi lezat.

11. Mencari Pegawai

Mencari sumber daya manusia memang susah-susah gampang. Pegawai di sini mencakup koki, barista, maupun kasir yang handal. Tentunya seluruh pemilik usaha ingin sekali mencari pegawai yang jujur, rajin, dan cekatan. Disarankan agar anda dapat selektif memilih pegawai yang akan bekerja di coffee shop anda, sehingga mereka dapat berjalan beriringan dengan visi dan misi anda.

12. Memastikan Untuk Memakai Point of Sale dari NadiPos

NadiPos terjun untuk memudahkan bisnis kuliner anda. Layanan dari NadiPos memudahkan para pemilik bisnis kuliner mencatat penjualan dan mengatur persediaan barang. Dengan layanan dari NadiPos, anda dapat menjalankan operasional bisnis kuliner anda dengan lebih mudah. Anda juga dapat terhindar dari kesalahan maupun kecurangan manajemen yang mungkin terjadi.

13. Melakukan Promosi di Segala Bidang

Sudah lengkap semuanya? Ternyata belum. Apa artinya sebuah coffee shop jika tidak ada pengunjungnya? Oleh karena itu untuk memberitahu publik mengenai coffee shop anda serta untuk menarik pengunjung agar mau datang, caranya adalah dengan melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, di berbagai bidang. Bisa melalui sosial media seperti Facebook, Youtube, dan Instagram. Bisa juga melalui poster, flyer, ataupun media luar ruang lainnya. Jika anda memiliki budget lebih, maka anda dapat membuat event, atau menjadi sponsor acara tertentu.

Demikian tips yang dapat anda jalankan untuk panduan coffee shop anda. Teruslah melakukan inovasi dan jangan mudah menyerah. Jika anda gigih, maka coffee shop anda akan berjalan lancar dan memberikan hasil yang maksimal kepada anda.